BADMINTON WONDER FANS (BWF)

A page for all badminton wonder fans around the world

Dua Pelatih Temani Lee Chong Wei Mengikuti Kejuaraan

Dua Pelatih Temani Lee Chong Wei Mengikuti Kejuaraan

Selain Tey Seu Bock, Rashid Sidek adalah pelatih yang kini mengiringi Datuk Lee Chong Wei mengikuti berbagai kejuaraan untuk membela negara.

Demikian dikemukanan Pengarah Prestasi Tinggi Persatuan Badminton Malaysia (BAM), Datuk James Selvaraj pada C&T.

James menjelaskan, ini adalah salah satu langkah untuk meringankan beban yang diemban Seu Bock yang selama ini melakukan tugasnya sendiri termasuk menganalisi pertandingan yang dilakoni Chong Wei.

James juga berpendapat situasi ini pulalah yang menjadi salah satu penyebab kekalahan Chong Wei atas Lin Dan dewasa ini.

“Jika kita perhatikan secara saksama, setiap Lin Dan bertanding ada 6 pelatih yang menemani dia. Dua pelatih akan berada di tepi lapangan sedang keempat pelatih lainnya duduk di bangku khusus tim menjalankan tugasnya masing-masing.”

“Ini sama sekali jauh berbeda dengan Chong Wei. Lee hanya ditemani Seu Bock di pojok lapangan.”

“Sebab itulah, Rashid diusulkan dapat menemani Lee Chong Wei pada kejuaraan yang akan diikutinya kelak. Itu akan memudahkan Lee Chong Wei karena Rashid merupakan pakar analisis pertandingan,” jelas James panjang lebar.

Sebelumnya, Rashid mendampingi atlet khusus kejuaraan-kejuaraan tertentu yang diputuskan BAM karena beban lebih dititikberatkan untuk memantau pemain-pemain muda.

James menambahkan, usulan pelatih tambahan yang diperuntukkan bagi atlet itu bukan khusus Lee Chong Wei saja melainkan dituntut bisa menemani ganda putra Koo Kien Keet-Tan Bon Heong.

“Saya sudah berbincang dengan pengurus BAM mengenai hal ini. Selain Pang Cheh Chang, pelatih yang baru dilatik asal Korea Selatan, Yoo Yong-Sung juga perlu mengikuti Kien Keat-Boon Heong pada kejuaraan ke depan. Namun segala keputusan terletak pada kebijakan ahli C&T. Sebagai Pengarah Prestasi Tinggi BAM, saya hanya bisa mengemukakan rencana pada dewan ahli C&T setuju atau tidak, saya tidak punya kuasa.”

Membahas mengenai kekalahan Chong Wei tiga kali beruntun atas Lin Dan pada semifinal China Terbuka Sabtu lalu, James mengomentari, “Lin Dan memilih elemen mengejutkan yang tidak dimiliki Chong Wei.”

“Memang Lee beraksi cemerlang saat set awal, namun Lin Dan menunjukkan kebolehannya dengan mengubah irama permainan yang diingininya.”

“Itu dibuktikannya setelah Lin Dan menang set dua dan set penentuan,” ujar James Selvaraj.

Dan, akhirnya Lee kalah 21-19 12-21 11-21 atas Lin Dan.

Agustus lalu, Lin Dan pulalah yang menghalangi impian indah Chong Wei untuk menciptakan rekor pertama atas dirinya sendiri meraih gelar pada kejuaraan dunia di London 20-22, 21-14 23-21.

Kehebatan pemain China ini (Lin Dan) diteruskannya setelah mengalahkan Chong Wei 21-16 21-14 di Hong Kong Terbuka, 19 November lalu.

penyunting naskah: admin 1

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: